Kamis, 05 November 2009

Bagaimana tenologi informasi berpengaruh dalam persaingan bisnis

Menurut saya, di zaman globalisasi ini perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang cukup pesat,yang juga berpengaruh terhadap dunia bisnis. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut berakibat seolah dunia ini tanpa batas. Teknologi khususnya di bidang informasi memegang peranan penting dalam memajukan peradaban globalisasi. Dengan adanya kemajuan tersebut,tentunya semua orang berharap untuk menjadi pemenang dalam persaingan untuk menguasai pasar global. Setiap perusahaan bisnis akan mencoba untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan mamu untuk memberikan kepuasan konsumen.
Dalam pengaruh dan peranannya untuk dunia bisnis, teknologi informasi sangat berpengaruh dalam membantu persaingan untuk dapat menguasai pasar di dalam bisnis. Pada dasarnya,penggunaan teknologi informasi ini mempunyai dampak positif bagi usaha bisnis yaitu:
Efisiensi
Penggunaan Teknologi informasi yang digunakan oleh usaha bisnis akan menghasilkan efisiensi, dimana dalam pelaksanaan kegiatan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama, biaya yang mahal dan tidak mengenal jarak. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat kinerja sebuah lembaga dalam mengambil keputusan. Dengan adanya suatu teknologi sistem informasi, usaha bisnis yang dijalankan memiliki sistem yang cukup jelas untuk menganalis data-data yang ada yang digunakan dalam menentukkan strategi yang akan digunakan dalam usaha bisnis,misalnya mengenai besarnya bahan baku yang akan digunakan atau sumber daya yang akan digunakan untuk menjalankan proses distribusi dan pemasaran.
Efektif
Penggunaan teknologi informasi usaha bisnis yang tepat dan akurat bisa lebih dapat menjadi sebuah acuan kinerjanya dalam mencapai sasaran tujuan yang telah ditetapkan, sehingga sesuai dengan target yang telah disepakati. Teknologi informasi memungkinkan kita untuk melakukan aktifitas bisnis dengan efektif melalui sistem informasi yang bisa diandalkan untuk dapat meraih tujuan yang diharapkan. Misalnya dengan alokasi sumber daya yang ada untuk menjalankan program pemasaran atau distribusi sehingga produk akan sampai ke konsumen yang tepat.
Transformasi
Penggunaan Teknologi informasi akan menghasilkan proses transformasi, di mana cara kerja konvensional dan tradisional dengan sendirinya akan tergantikan olehnya. Dahulu sesuatu pekerjaan akan membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih, tetapi dengan teknologi yang digunakan akan merubah semua pekerjaan tersebut menjadi lebih efisien dan efektif.
Dalam pengambilan keputusan oleh suatu usaha bisnis yang menerapkan teknologi informasi tentunya akan selalu dihadapkan kepada sebuah situasi sebagai akibat dari kebijakan telah yang kita ambil. Penerapan sebuah Teknologi Informasi akan memberikan suatu informasi yang lebih akurat dan lebih memberikan suatu keefesienan sumber daya perusahaan untuk dialokasikan ke strategi bisnis perusahaan sehingga akan lebih efektif.
Dalam menerapkan teknologi sistem informasi ini misalnya pada sistem e-commerce yang digunakan untuk usaha bisnis. Dengan menggunakan e-com ini suatu usaha bisnis dapat menjalankan semua kegiatan usaha oleh perusahaan yang berhubungan dengan promosi, jual beli, penyediaan informasi bagi pelanggan perusahaan melalui perantaraan media elektronik dan jaringan komputer. Sistem dengan e-com ini sendiri yaitu dengan memberikan berbagai pilihan barang atau informasi yang seluas-luasnya, harga yang baik dan bersaing dengan dunia nyata serta memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen. Hal ini tentu saja akan membawa pengaruh positif bagi bisnis tersebut. Dengan e-commerce, perdagangan bukan hanya terjadi secara lokal ataupun nasional, melainkan juga secara internasional.Seringkali pula jalur distribusi yang panjang malah menurunkan mutu barang yang ditawarkan sehingga konsumen tidak puas dengan apa yang mereka peroleh. Hal ini dapat dihindari dengan penggunaan jalur distribusi yang lebih pendek seperti pada e-commerce.
Selain mendapat keuntungan berupa harga yang lebih murah dibanding jika membeli lewat jalur perdagangan biasa yang panjang, apalagi jika berskala internasional, konsumen juga mendapat keuntungan dalam hal pelayanan promosi barang. Konsumen dapat melihat deskripsi barang yang ditawarkan via internet sepuas puasnya sebelum memutuskan untuk membeli. Dalam hal ini, perusahaan juga memperoleh keuntungan, yaitu bahwa dengan memberikan informasi secara online, perusahaan dapat mengurangi masalah-masalah dalam promosi barang, biaya-biaya promosi dan waktu. Arus informasi lewat internet tentunya akan lebih hemat waktu sekaligus biaya dibandingkan via telepon. Dengan demikian, perusahaan dapat menjalankan bisnis secara lebih efisien dan efektif.
Contoh Aplikasi –aplikasi yang diterpakan dalam usaha bisnis yang akan menjadikan suatu perusahaan mampu bersaing dengan usaha bisnis yang lain:
1. Enterprise Resource Planning
Enterprise Resources Planning (ERP) adalah merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal pengelolaan sumberdaya perusahaan
Dengan menggunalan ERP akan mendukung kegiatan bisnis dengan memberikan suatu solusi yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi baik Manusia, Uang, Material dan Manajemen dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi sehingga dalam mengalokasikan sumber daya perusahaan untuk strategi bisnisnya akan lebih efisien dan efektif sehingga akan mencapai tujuan yang diinginkan.
2. Supply Chain Management
Supply Chain Management (SCM) merupakan aplikasi terpadu yang memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal pengadaan barang dan jasa bagi perusahaan sekaligus mengelola hubungan diantara mitra untuk menjaga tingkat kesediaan produk dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan secara optimal.
Dengan adanya sistem ini akan menjadi solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi atas kebutuhan barang dan jasa dan juga meliputi manajemen para mitra dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi dan bertujuan untuk menjamin terpenuhinya tingkat kebutuhan material suatu perusahaan sehingga perusahaan akan menghasilkan produk yang mempunyai nilai lebih dan lebih bisa memberikan kepuasan konsumen.
3. Customer Relationship Management
Customer Relationship Management (CRM) adalah merupakan aplikasi terpadu memberikan dukungan sistem informasi kepada manajemen dalam hal hubungan kepada pelanggan dengan memiliki keterkaitan yang erat secara langsung dengan ERP terutama dari sisi penjualan, serta piutang. CRM lebih berfokus kepada upaya untuk memahami kebutuhan pelanggan agar dapat diberikan layanan secara cepat dan tepat.
CRM merupakan Suatu solusi terpadu yang melibatkan pengelolaan sumberdaya organisasi meliputi manajemen para pelanggan dengan memanfaatkan basis data yang terintegrasi dan bertujuan untuk menjamin terpenuhinya tingkat kebutuhan pelanggan akan barang dan jasa serta meningkatkan kualitas hubungan antara organisasi dengan pelanggan
Dengan menggunakan teknologi sistem informasi,maka akan membantu perusahaan untuk melihat peluang akan bisnis yang ada di pasar dan membantu untuk dapat melihat respon pasar atas usaha bisnis dan produk sehingga akan membantu perusahaan untuk merancang strategi yang lebih baik untuk bisnisnya.
Dengan menggunakan beberapa teknologi sistem informasi tersebut maka akan menjadi tulang punggung sistem informasi manajemen perusahaan yang teritegrasi dengan kegiatan operasional perusahaan. Pada akhirnya semua sistem tersebut akan memberikan suatu sistem yang akan mendukung keputusan bagi perusahaan untuk dapat mernacang dan menetapkan strategi yang efektif dengan mengalokasikan sumber daya perusahaan secara efisien untuk menghasilkan suatu produk yang memilki daya saing berkualitas dan mampu memberikan kepuasan konsumen sehingga mampu untuk memenangkan persaingan dan mampu untuk menguasai pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar