Sabtu, 21 November 2009

Jenis-jenis Sumber Daya Informasi

Jenis-jenis Sumber Daya Informasi
a. perangkat keras computer
b. perngkat lunak computer
c. spesialis informasi
d. pemakai
e. fasilitas
f. database
g. informasi
Ketika para manajer perusahaan memutuskan untuk menggunakan infomasi untuk mencapai keunggulan.

Perencanaan Sumber Daya Informasi
a. Transformasi Kumpulan Strategi
b. Pendekatan SPIR
c. Isi dari Rencana Strategi Sumber Daya Informasi
End-User Computing sebagai masalah strategis
Tidak semua orang yang ikut serta dalam EUC memilik tingkat pengetahuan yang sama tentang computer. Para pemakai akhir dapat digolongkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan computer mereka.
a. Pemakai akhir tingkat menu, sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan
Perangkat lunak mereka sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi dengan menggunakan menu-menu seperti yang ditampilakn oleh perangkat lunak berbasis Windows dam Mac.
b. Pemakai akhir tingkat perintah, sebagian pemakai akhir memiliki kemapuan
Menggunakan perangkat lunak jadi yang lebih sekedar memilih menu. Para pemakai akhir ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data. Contohnya, pemakaian Microsoft Excel dapat menggunakan perintah-perintah khusus untuk menyelesaikan proses yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan menu.
c. Pemakai akhir tingkat programer, sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemograman seperti BASIC atau C++ dan mereka dapat mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.
d. Personil pendukung fungsional, di sejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional, bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka. Dua unsur penting menjadi cirri pada empat tingkatan kemampuan dari pemakai akhir. Pertama, semua tingkat memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi, dan kedua, tidak seorang pun yang merupakan anggota dari organisasi jasa informasi.

Jenis-jenis Aplikasi Pemakai Akhir
a. system pendukung keputusan (DSS) yang relative mudah
b. Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan perseorangan
Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerja sama dengan pemakai dalam mengembangkan:
a. Aplikasi SIM dan SIA
b. DDS yang rumit
c. Sistem berbasis pengetahuan
d. Aplikasi kantor virtual yang memenuhi kebutuhan organisasional
Selama keragaman dalam dampak EUC berlanjut, yang memang seharusnya akan selalu ada kebutuhan akan spesialis informasi.

Manfaat End-User Computing
EUC memberikan manfaat bagi perusahaan dalam dua cara utama: EUC menyeimbangkan kemapuan pengembang dengan tantangan system, serta EUC menghilangkan atau mengurangi kesenjangan komunikasi antar pemakai dan spesialis informasi.
a. Menyeimbangkan kemampuan dan tantangan, pemindahan beban kerja dari
Pengembangan system ke area pemakai membebaskan para spesialis untuk berkonsentrasi pada system yang runit dan berlingkup organisasi, sehingga mereka dapat bekerja lebih baik pada area bidang tersebut. Para spesialis juga dapat mencurahkan lebih bamyak waktu untuk memelihara system yang ada/suatu bidang tanggung jawab yang penting
b. Mengurangi kesenjangan komunikasi, kesulitan komunikasi antara pemakai dan para spesilais informasi telah mengganggu perkembangan system sejak masa awal adanya computer. Pemakai memahami bidang permasalahan dengan lebih baik dari pada teknologi computer. Sebaliknya, spesialis adalah pakar dalam teknologi tetapi tidak menguasai bidang permasalahan. Dengan membiarkan pemakai mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tidak ada kesenjangan komunikasi karena tidak diperlukan komunikasi. Demikian pula, ketika pemakai mengembangkan sebagian system mereka, kesenjangan ini berkurang.
kedua manfaat ini menghasilkan pengembangkan system yang lebih baik dibandingkan jika spesialis informasi berusaha mengerjakan sebagian besar pekerjaan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar